SALAM BAKU DAPA!

Opa, oma, ade, kaka deng basudara samua! Mari katong bakumpul dalam satu semangat ''satu gandong, satu jantong'' satu tana tumpa dara, Maluku manise! Beda agama, keyakinan, kampong atau apapun itu, akang bukan alasan voor katong bakalai atau bacere!

Our Profile

SEMARANG, JAWA TENGAH, Indonesia
Organisasi ini merupakan wadah berkumpulnya warga Maluku yang berdomisili di Jawa Tengah dari berbagai latarbelakang sosial, ekonomi, agama/keyakinan dan profesi, yang bersatupadu untuk membangun komunikasi dan silaturahmi yang intens dan kuat demi masa depan Jawa Tengah dan Maluku yang lebih baik. Keanggotaan bersifat terbuka, bagi siapapun mereka yang memiliki darah/keturunan Maluku, kendati lahir di manapun. Blog ini merupakan blog resmi yang dimiliki IKM Jateng yang merupakan organisasi kemasyarakatan nirlaba yang merupakan ajang silaturahmi, komunikasi dan kekerabatan diantara warga asal Maluku yang berada di seantero Jawa Tengah

May 30, 2010

Peringatan Hari Pattimura 2010

Kepahlawanan Pattimura Harus Terus Digelorakan

SEMARANG-Kemeriahan dibalut nuansa nasionalisme sangat terasa dalam perayaan Hari Pattimura Ke-193 yang diadakan Ikatan Keluarga Maluku (IKM) Jawa Tengah di Auditorium RRI Semarang, Kamis (27/5) malam.

Di awal acara bertema ”Bangkit dan Berjuanglah Pattimura Muda Menyongsong Hari Esok yang Lebih Baik” itu, para tamu disuguhi tarian cakalele yang menggambarkan warga Maluku masa lalu berada di garis terdepan pertempuran. Selain itu, mengamanatkan pada seluruh warga keturunan Maluku agar terus melestarikan budaya tak ternilai yang diwariskan para pahlawan terutama Pattimura.

Setelah prosesi bakar obor diiringi lagu-lagu dan alat musik khas Maluku, disematkan baju berang kepada Pemimpin Umum Suara Merdeka Kukrit SW yang sekaligus pembina IKM Jateng dan Soemarmo HS (wali kota terpilih). Presdir Sido Muncul Irwan Hidayat yang rencananya juga akan disemati baju berang sebagai lambang kebesaran warga Maluku, berhalangan hadir.

Dalam sambutannya, Kukrit yang didapuk menjadi pembina IKM Jateng sejak dua tahun lalu ini menyebutkan, akan terus mendukung generasi Maluku di Jateng. ”Saya yakin warga keturunan Maluku bisa berperan banyak pada masyarakat sekitarnya,” kata dia.

Pekerja Keras
Kukrit mengungkapkan, sejak kecil sering berkumpul dengan orang-orang Maluku sehingga membentuk pribadinya menjadi pekerja keras, serta tegas dan berdedikasi tinggi pada pekerjaan yang sedang diembannya. Namun, tetap menjunjung tinggi keramahan pada setiap orang yang ditemui baik dalam urusan pekerjaan atau kegiatan sosial.

Kebanggaan juga dirasakan Soemarmo HS ketika dianugerahi baju kebesaran Maluku. ”Semoga warga Maluku berperan aktif membangun Semarang kelak,” lanjutnya.

Ketua IKM Jateng, John Richard Latuihamallo memperingatkan warga Maluku agar terus memegang ajaran Pattimura yang berani menghadapi tantangan, berani melawan ketidakbenaran, tetapi tetap mawas diri.

”Orang Maluku sangat halus hatinya, suka membantu teman, bahkan lebih baik mati untuk membela teman jika memang perbuatannya benar,” tambahnya. [berita di Suara Merdeka, 29/5/10)

0 comments:

About This Blog

About This Blog

Search YouTube

  © Free Blogger Templates Spain by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP