SALAM BAKU DAPA!

Opa, oma, ade, kaka deng basudara samua! Mari katong bakumpul dalam satu semangat ''satu gandong, satu jantong'' satu tana tumpa dara, Maluku manise! Beda agama, keyakinan, kampong atau apapun itu, akang bukan alasan voor katong bakalai atau bacere!

Our Profile

SEMARANG, JAWA TENGAH, Indonesia
Organisasi ini merupakan wadah berkumpulnya warga Maluku yang berdomisili di Jawa Tengah dari berbagai latarbelakang sosial, ekonomi, agama/keyakinan dan profesi, yang bersatupadu untuk membangun komunikasi dan silaturahmi yang intens dan kuat demi masa depan Jawa Tengah dan Maluku yang lebih baik. Keanggotaan bersifat terbuka, bagi siapapun mereka yang memiliki darah/keturunan Maluku, kendati lahir di manapun. Blog ini merupakan blog resmi yang dimiliki IKM Jateng yang merupakan organisasi kemasyarakatan nirlaba yang merupakan ajang silaturahmi, komunikasi dan kekerabatan diantara warga asal Maluku yang berada di seantero Jawa Tengah

September 16, 2008

Sejarah IKM Jateng

Cikal bakal terbentuknya Ikatan Keluarga Maluku (IKM) Jateng bermula dari kecemasan dan keprihatinan segelintir pemuda Maluku di Semarang terhadap vakumnya berbagai aktivitas warga asal Maluku di Semarang. Lebih kurang enam tahun tak ada lagi kegiatan yang dibikin orang Maluku.

Padahal, tahun-tahun sebelumnya, di era 90-an, warga asal Maluku di Semarang sangat aktif menggelar berbagai kegiatan kebudayaan, seperti Peringatan Hari Pattimura; yang diwarnai dengan acara makan patita, lari obor, dan ziarah ke taman makam pahlawan, Halal bihalal, hingga Perayaan Natal dan Tahun Baru.

Vakumnya aktivitas warga Maluku itu tidak lepas dari tidak berfungsinya roda organisasi yang mewadahi orang Maluku di Semarang saat itu, yakni IKMMS atau Masohi, akibat miskomunikasi maupun mismanajemen di jajaran pengurusnya. Akibatnya, kerukunan dan keguyuban warga Maluku yang semula sudah terjalin sangat baik, menjadi kendur dan akhirnya vakum sama sekali.

Bermula dari kerinduan untuk mempersatukan warga Maluku dalam satu wadah yang lebih besar lagi, beberapa pemuda Maluku dimotori Denny Tulaseket, Henry Pelupessy, Bambang Naing, Stefy Thenu, dan John Richard Latuihamallo, mengambil inisiatif untuk bertemu dan berkumpul, guna membahas bagaimana menghidupkan kembali aktivitas warga Maluku. Maka pada awal April 2008, bertemulah beberapa orang untuk membentuk kepantiaan peringatan Hari Pattimura yang jatuh setiap tanggal 15 Mei.

Pertemuan itu kemudian dilanjutkan dalam jumlah yang lebih besar lagi dengan mengundang sejumlah sesepuh di gedung serbaguna DPRD Jateng. Dari pertemuan itulah, lantas disepakati membentuk sebuah kepanitian Peringatan ke-191 Hari Pattimura dengan diketuai Ir Bambang Naing. Rapat-rapat panitia disambut antusiasme warga Maluku. Maklum, lama tak bertemu, sekali bertemu terasa sadap lawange!

Dalam waktu terbilang sangat singkat, kerja panitia yang sangat all out akhirnya berbuah sukses. Peringatan Hari Pattimura diisi tiga rangkaian kegiatan, yakni ronda-ronda atau jalan sehat keluarga besar Maluku pada 11 Mei start dan finish di halaman DPRD Jateng, dilanjutkan ziarah ke TMP Giri Tunggal 15 Mei, dan pada 16 Mei digelar puncak peringatan sangat mewah dan meriah ditandai dengan lari obor ke tempat resepsi di Gedung Admiral Jalan Ki Mangunsarkoro dan disambut tarian Cakalele.

Rasa bangga dan haru bercampur aduk di dada. Hajat besar terbilang sangat mewah dan meriah hanya dikerjakan dalam waktu hanya dua bulan, tapi berhasil menghimpun dana dari berbagai donatur hingga Rp 150-an juta! Dahsyat! Puji Tuhan! Subhanallah! Alhamdulilah wa syukurillah!

Puncak peringatan dihadiri sekitar 1000 warga Maluku dari berbagai kota di Jateng, yang terbuai, terhibur oleh lagu-lagu ambon populer yang dibawakan oleh artis kawakan Yopie Latul, deng penyanyi muda, Ronni Tapilaha dll.

Puncak peringatan itu juga sekaligus pelantikan pengurus dari organisasi baru yang sepakat diberi nama Ikatan Keluarga Maluku (IKM) Jawa Tengah, periode 2008-2011, yang diketuai John Richard Latuihamallo, SH MH. Organisasi itu untuk sementara memiliki satu simpul di Salatiga, menyusul dibentuk di Solo, Purwokerto, dan Cilacap.

Salam manis, danke banya!
Amato!

Koordinator Pengelola blog IKM Jateng,


[Stefy Thenu, S.Sos]

0 comments:

About This Blog

About This Blog

Search YouTube

  © Free Blogger Templates Spain by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP